Selasa, 08 Februari 2011

Cara Membangkitkan Radiasi Gelombang Radio pada Konduktor


a.       Terhenti tiba-tiba (diskontinu)
Ketika konduktor diskontinu, impedansi beban tak terhingga sehingga akan menimbulkan radiasi. Radiasi yang muncul menjadi penghalang arus dan tegangan tidak pernah sampai ke ujung saluran dan informasi akan terputus.

b.      Dipercepat karena konduktor dibengkokkan
Apabila konduktor dibengkokkan, sehingga memungkinkan timbulnya gangguan sepanjang aliran arus yang dipancarkan oleh kondukor pada medan dalam sehingga mengakibatkan adanya radiasi energi. 

c.       Mengalami perubahan dimensi
Perubahan dimensi pada konduktor menyebabkan perubahan pada medan magnet. Hal inilah yang menimbulkan gangguan pada aliran arus yang dipancarkan pada konduktor sehingga menyebabkan radiasi sepanjang konduktor dan mengganggu gelombang elektromagnetis yang dipancarkan.

d.      Di ujung konduktor diterminasi dengan sebuah beban
Sifat dasar sebuah konduktor akan mengantarkan arus sehingga akan timbul induksi magnet disekitar konduktor. Akan menimbulkan efek kapasitansi terhadap tanah maupun terhadap konduktor lainnya. Pola-pola radiasi timbul ketika konduktor tersebut dihubungkan dengan sebuah beban yang akan menimbulkan redaman (drop tegangan) sepanjang saluran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar